Nikmat, Bermanfaat Namun Bau


Apa sih yang tidak kenal dengan petai? Mungkin banyak orang yang menghindarinya bahkan benar-benar tidak suka dengan petai. Memang makanan yang satu ini menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Tapi beberapa orang menyukainya sebagai lalapan pada saat makan.
Hidrogen sulfida dan etanol ini lah yang terkandung dalam pembungkus biji petai yang menyebabkan bau yang tidak sedap itu.
Tapi tahukah anda? Walau menimbulkan bau yang tidak sedap, makanan yang satu ini mempunyai segudang manfaat. Banyak yang tidak mengetahui bahwa petai mengandung tiga gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan tenaga yang instan namun memiliki cukup lama dan memiliki efek yang sangat besar bagi tubuh kita.
Nama latin dari Parkia Speciosa ini jika dibandingkan dengan apel tenyata memiliki protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banak, mengandung tiga kali lebih banyak fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat vitamin dan mineral lainya.
Dari penelitin juga membuktikan tidak hanya untuk energi, tetapi juga petai dapat mencegah penyakit - penyakit dan situasi buruk pada diri kita.
Depresi
Di dalam petai mengandung zat trypthopan, sejenis protein yang bisa di ubah menjadi serotonin. Zat ini lah yang dapat memperbaiki mood dan membuat seseorang menjadi rileks.
Obat hati dan ginjal
Radikal bebas yang terdapat pada makanan yang digoreng atau dibakar menandung hidrogen peroksida, superoxide anion, dan hidroksil menjadi tidak berdaya saat bertemu dengan anti oksidan. Karena petai mengandung anti oksidan yang sangat tinggi, yang baik untuk tubuh kita. 
PMS (Pramenstrual Syndrome)
Bagi para wanita yang sedang menstruasi disarankan untuk mengkonsumsi petai. Karena kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam petai, dapat mengatur gula darah yang dapat memperbaiki mood.
Merokok
Kandungan vitamin B6 dan B12 bersama dengan kalium dan magnesium dapat membantu seseorang dari kebiasaan merokok. karena dapat membantu tubuh dalam penghentian nikotin yang terkandung dalam rokok.
Anemia 
Karena petai mengandung banyak zat besi, ia dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang dapat membantu seseorang saat terjadi anemia.
Walaupun banyak manfaatnya, tetapi jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Karena petai mengandung banyak asam amino. Asam amino yang berlebihan dapat menggangu sistem kerja ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ingatlah sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik untuk kita.  (Fathurrochman)
Sumber:
http://terselubung.blogspot.com/2011/11/manfaat-petai-bagi-tubuh-kita.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Petai
http://www.faktailmiah.com/2011/05/24/petai.html
http://faktagila.blogspot.com/2012/05/12-manfaat-petai-yang-jarang-di-ketahui.html
http://www.unikgaul.com/2012/03/begitu-besarnya-mamfaat-petai-bagi.html
Sumber Gambar:
http://eksposnews.com/view/19/26246/Makan-Petai-Diyakini-Bisa-Hentikan-Kebiasaan-Merokok-dan-Cegah-Stroke.html#.UGR5I91-aNY

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman