Belatung Sembuhkan Luka


Apa yang kita pikirkan tentang belatung? Pasti yang terpikir dalam benak kita adalah hewan yang menjijikan dan berbau busuk. Kebanyakan dari kita pasti tidak suka dengan hewan yang satu ini. Belatung merupakan larva dari lalat. Hewan ini sering kita temui pada barang-barang yang membusuk seperti pada bangkai, buah atau sayur-sayuran yang telah membusuk. Belatung terdiri dari beberapa jenis, ada yang bersifat merugikan seperti belatung lalat buah tetapi ada pula yang berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik.
Ternyata belatung sangat bermanfaat bagi manusia khususnya dalam hal penyembuhan luka. Sejarah penggunaan belatung dalam perawatan luka telah diketahui selama beberapa abad.Banyak dokter militer mengamati bahwa tentara dengan luka berulat menjadi lebih baik biladibandingkan dengan jenis luka yang sama tanpa ulat.
Dibalik aromanya yang tidak sedap belatung menyimpan tiga  kekuatan besar dalam hal penyembuhan luka yaitu: debridement, desinfeksi, dan mempercepat pertumbuhan jaringan baru.
Belatung dapat dijadikan sebagai debridement atau disebut juga sebagai Magot Debriment Therapy ( MDT ) sebab belatung dapat memakan jaringan mati tanpa mengganggu jaringan sehat. Belatung memiliki sepasang taring pada rahangnya yang digunakan untuk bergerak danmenempel pada luka, aksi inilah yang memungkinkan pelepesan jaringan nekrotik dari lukaselain itu belatung juga mengeluarkan enzim proteolitik yang mampu melunakkan jaringan nekrotik sehingga dengan mudah ditelan dan didegradasi dalam usus belatung.
Sebagai desinfeksi karena kemampuannya mensekresi enzim yang bisa merubah pH luka sehingga tidak kondusif lagi untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri pada luka termasuk mendegradasi biofilm pada luka dan mencerna Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA). Biofilm yaitu mantel polisakarida yang mampu melindungi bakteri dari antiseptic, antimicroba, ataupun antibiotic. Perlindungan ini menyebabkan bakteri luka menjadi resisten 1000 kali lipat dibanding luka tanpa biofilm. Hal inillah menjadi kelebihan belatung seiring dengan semakin resistennya penggunaan antibiotic.
Keuntungan ketiga penggunaan belatung dalam perawatan luka yaitu kemampuannya menstimulasi penyembuhan luka sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. Aksi belatung dalam mencerna jaringan nekrotik luka dipercaya dapat menstimulasi pertumbuhan jaringan granulasi pada luka. Seperti kita ketahui pertumbuhan jaringan granualsi merupakan fase terpenting dari proses penutupan luka.
Tetapi ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan belatung sebagai penyembuhan luka. Yang pertama belatung tidak boleh digunakan pada luka yang berhubungan langsung dengan sistem saraf pusat, pembuluh darah besar, rongga atau organ-organ vital. Yang kedua gunakan belatung pada luka yang mempunyai kelembaban jangan gunakan pada luka yang kering.
Karena belatung membutuhkan lingkungan yang lembab untuk dapat bertahan hidup, begitu juga proses penyembuhan luka, lingkungan lembab mendukung percepatan proses penyembuhan. Pada fistula atau luka dengan undermining (luka yang bergoa) menjadi sulit untuk menerapkan belatung sebab sulit dalam observasi dan pelepasan. Dan yang ketiga yaitu belatung berpotensi menimbulkan reaksi alergi akibat sekresi enzim. Potensial komplikasi lain yang dapat terjadi adalah toksisitas ammonia yang dapat menginduksi ensefalopati pada pasien dengan gagal hati.
Selain bermanfaat dalam Belatung dapat juga berperan sebagai “saksi hidup” dalam kasuskriminal, karena kemampuannya memberikan informasi faktual terhadap kasus kriminal seperti  penemuan mayat. Umur belatung dan tahap pertumbuhannya memberikan informasi akurat tentang waktu kematian bahkan dapat lebih spesifik lagi memberikan informasi mengenai “postmortem interval”. Peran belatung yang satu ini membuka disiplin ilmu baru yang disebut “Forensic entomology”. Itulah belatung, menjijikkan sekaligus menjanjikan sebagai sebuah terapi alternative. (Fathurrochman)

Sumber:
http://www.smallcrab.com/kesehatan/544-belatung-bersihkan-luka-lebih-cepat-daripada-perawatan-normal
http://id.wikipedia.org/wiki/Belatung
http://www.terbaca.com/2010/06/manfaat-belatung-untuk-menyingkap-tabir.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Maggot_therapy
http://id.wikipedia.org/wiki/Biofilm 
Sumber Gambar:
http://laprofdesvt.fr/delai%20post%20mortem.html

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman