Pengolahan Produksi Bahan Karet - Sol Luar Sepatu

Karet alam (bahan sepatu), sesudah penemuan proses vulkanisasi yang membuat karet menjadi tahan terhadap cuaca dan tidak larut dalam minyak.
 

Karet alam maupun karet sintetik & tidak dipergunakan dalam keadaan mentah karena tidak kuat dan sebagian mudah teroksidasi.
 

Karet mentah, sifatnya mengalami perubahan bentuk yang tetap bila ditarik atau ditekan dan perlu diberi penambahan bahan-bahan kimia tertentu untuk memperoleh suatu Kompon agar lebih elastis sehingga mudah dimanfaatkan.
 

Kompon karet selain karet mentah pada umumnya mengandung 8 atau lebih jenis bahan kimia karet. Setiap jenis bahan tersebut memiliki fungsi spesifik dan mempunyai pengaruh terhadap sifat, karakteristik pengolahan dan harga dari kompon karetnya, bahan kimia tersebut adalah:


  1. Bahan Pemvulkanisasi, adalah bahan kimia yang dapat bereaksi dengan gugus aktif pada molekul karet membentuk ikatan silang tiga dimensi. 
  2. Bahan Pencepat, untuk mempercepat reaksi vulkanisasi. 
  3. Bahan Penggiat, Adalah bahan kimia yang ditambahkan kedalam sistim vulkanisasi dengan pencepat untuk menggiatkan kerja pencepat. 
  4. Bahan Antidegradant, adalah bahan kimia yang berungsi sebagai anti ozonan dan anti oksidan, yang melindungi barang jadi karet dari pengusangan dan meningkatkan usia penggunaanya. 
  5. Bahan Pengisi, Bahan pengisi ditambahkan kedalam kompon karet dalam jumlah yang cukup besar dengan tujuan untuk meningkatkan sifat fisik, memperbaiki karakteristik pengolahan tertentu dan menekan biaya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Laman