Memperlancar Haid dengan Minum Kencur


Datang bulan sering terlambat, tidak lancar? Ada cara mudah bagi perempuan untuk memperlancar datang bulannya. Salah satunya dengan rajin minum kencur. Sebab tanaman jenis temu-temuan (zingiberaceace) ini banyak mengandung minyak astiri dan alkaloid yang bermanfaat sebagai stimulan.
Kencur mempunyai nama latin kaempferua galangal. Oleh banyak orang Indonesia, tanaman ini dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu memasak atapun bumbu membuat gado-gado.  Kencur merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak mengandung air.

Jumlah helai daur kencur tidak lebih dari 2-3 lembar yang tersusu berhadapan. Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4-12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih dominan.

Kencur memiliki daing buah yang lunak dan tidak berserat, berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik. Selain di tanah lapang, kencur juga dapat di tanam dengan media pot dengan catatan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Adapun cara membuat resep kencur sebagai obat memperlancar Haid adalah sebagai berikut :

Ambil 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 1 biji buah vengkeh tua dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuatnya, rimpang kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas dan disaring. Hasil air saringannya diminum sekali sehari sebanyak 2 cangkir.

0 komentar:

Poskan Komentar

Laman