Sampah Panas, Kota Besar Dan Pengaruhnya Pada Iklim


cities Sampah Panas, Kota Besar dan Pengaruhnya pada Iklim
Studi menemukan bahwa panas dari kota-kota Amerika Utara menyebabkan musim dingin yang lebih hangat, (27/1). ‘Sampah’ panas yang dihasilkan oleh bangunan di kota-kota besar ‘bisa mempengaruhi iklim ribuan mil jauhnya’.
Panas berasal dari bangunan, pabrik dan kendaraan di kota-kota besar dapat mempengaruhi ribuan iklim mil jauhnya. Para peneliti mengatakan panas tambahan yang dihasilkan oleh kota-kota besar menjelaskan pemanasan tambahan yang tidak dijelaskan oleh model iklim yang ada.
Efeknya mungkin menjelaskan mengapa suhu musim dingin yang lebih hangat dari yang diperkirakan di beberapa bagian belahan bumi utara. Para peneliti bertanya-tanya mengapa sebagian besar Amerika Utara tampaknya akan melewatkan musim dingin mendapatkan jawaban baru selain perubahan iklim: yaitu kehidupan kota besar itu sendiri.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change, menemukan bahwa panas yang terlepaskan di daerah metropolitan utama di Amerika Pantai Timur menyebabkan pemanasan musim dingin di sebagian besar kawasan Amerika Utara, yang ribuan mil jauhnya dari kota-kota. Pemanasan musim dingin terdeteksi di padang rumput Kanada.
Para peneliti menemukan pola yang sama di Asia, di mana pusat-pusat populasi besar mengakibatkan pemanasan yang kuat di Rusia, Asia Utara, dan Cina Timur. Di sisi lain, bagaimanapun, perubahan kondisi atmosfer memiliki efek yang berlawanan di Eropa – menurunkan suhu musim gugur sebanyak 1 derajat C (1.8 F). Beberapa kota di dunia yang paling padat penduduknya dan energi intensif terletak di bawah saluran sirkulasi utama di atmosfer. Mereka termasuk aliran jet kutub utara, sungai berkelok-kelok angin yang berhembus di sekitar Bumi di lebih dari 100 mph.
cities worldwide Sampah Panas, Kota Besar dan Pengaruhnya pada Iklim
Panas tambahan yang dihasilkan oleh kota-kota besar itu hanya sebagian kecil dari pemanasan yang disebabkan oleh perubahan iklim atau urbanisasi, kata para peneliti. Namun studi ini memang membantu ilmuwan untuk pemanasan tambahan yang tidak dijelaskan oleh model iklim yang ada.
Apa yang kami temukan adalah bahwa penggunaan energi dari daerah perkotaan secara kolektif dapatmenghangatkan atmosfir dari jarak jauh ribuan mil dari daerah konsumsi energi, kata pimpinan ilmuwanDr Zhang Guang, dari Scripps Institution of Oceanography di California. “Hal ini dicapai melaluiperubahan sirkulasi atmosfer.” ungkapnya.
Tersebar di seluruh dunia, suhu rata-rata kenaikan bersih yang dihasilkan oleh limbah panas kota adalah0.01 C diabaikan. Namun di tingkat regional, dampaknya signifikan, kata para peneliti.
Peneliti yang lainnya Dr Aixue Hu, dari Pusat Penelitian Atmosfer Nasional di Boulder, Colorado,mengatakan: Pembakaran bahan bakar fosil tidak hanya memancarkan gas rumah kaca, tetapi juga secara langsung mempengaruhi suhu karena panas yang keluar dari sumber-sumber seperti bangunan dan mobil.
Meskipun banyak dari limbah panas terkonsentrasi di kota-kota besar, dapat mengubah pola atmosferdengan cara yang menaikkan atau menurunkan suhu melintasi jarak yang cukup.
Para ilmuwan menganalisis konsumsi energi yang menghasilkan limbah panas. Mereka menghitung bahwa pada tahun 2006, konsumsi energi total dunia adalah 16 terawatts, atau 16 triliun watt - setara dengan meninggalkan 10 miliar 100 watt bola lampu selama satu tahun. Dari jumlah ini, yang rata-rata 6,7terawatts dikonsumsi di 86 daerah metropolitan di belahan bumi utara.
Rata-rata suhu global hampir tidak terpengaruh oleh panas kota besar, hampir rata-rata 1 derajat C. Tapi kota-kota besar memiliki dampak yang nyata pada suhu daerah hampir pada skala benua.
Para peneliti mengatakan panas tambahan harus diperhitungkan dalam proyeksi iklim di masa depan.
Para ilmuwan telah selama bertahun-tahun telah mencoba untuk memecahkan bagaimana kota-kota besar – dengan dinamika  bangunan dan persebaran mobil di dalamnya – mempengaruhi iklim.
Studi ini menunjukkan kota itu sendiri telah mencapai efek yang  jauh lebih mendalam pada iklim, selain polusi iklim yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

0 komentar:

Posting Komentar

Halaman